Mengenal Pasar Johar Semarang


Pasar Johar Semarang merupakan pusat pembelanjaan di Kota Semarang yang terkenal dengan kelengkapan komoditinya dan menjadi salah satu pusat destinasi belanja masyarakat Semarang atau pun masyarakat dari daerah lain yang berwisata ke Semarang.

Letak pasar Johar Semarang yaitu di kecamatan Semarang Tengah, Keluharan Kauman. Pasar Johar berada di tengah-tengah dari 3 wisata utama Kota Semarang yaitu Tugu Muda, Simpang Lima, dan Kota Lama. Menjadikan pasar ini menjadi pusat pembelanjaannya.

Di sebelah pasar johar terdapat masjid yang berdiri pada tahun 1890 yaitu Masjid Besar Kauman dan Pasar Johar sendiri dibangun pada tahun 1936. Kedua bangunan tersebut merupakan cagar budaya yang terdapat pada kawasan ini. Menurut beberapa sumber, Pasar Johar merupakan pasar terbesar dan termodern di Asia Tenggara sekitar tahun 1930-an. Hingga era 1980-an, pasar ini berkembang menjadi sentra perdagangan di Jawa Tengah.

Sayangnya pada tanggal 10 Mei 2015 pasar Johar mengalami kebakaran sehingga kios-kios para pedagang yang ada didalam hangus terbakar api. Saat ini pasar johar direlokasi di dekat area Masjid Agung Semarang. 





0 Response to "Mengenal Pasar Johar Semarang"

Posting Komentar