Pasar Gang Baru Semarang


Merupakan salah satu pasar tradisional di Kota Semarang, Pasar Gang Baru berada di daerah Pecinan, tepatnya sebelah timur Beteng, membentang antara Gang Pinggir dan Gang Tengah. Aktifitas pedagang pasar Gang Baru dimulai pada pagi hari sekitar pukul 5, dari berbagai daerah sekitar Semarang pedagang berdatangan dan menawarkan berbagai jenis barang dagangan di pasar ini.

Sudah puluhan tahun pasar tradisional ini menyediakan berbagai kebutuhan sehari – hari mulai dari bahan makanan, pakaian, aneka obat tradisional ataupun perlengkapan upacara ritual masyarakat Tionghoa.


Pasar ini dapat dicapai melalui jalan Sebandaran atau dari Gang Warung atau juga dari Kranggan, yang kebanyakan pengunjung atau pedangang memarkirkan kendaraan atau mobilnya di gang Belakang yang berada di sebelah timurnya.

Antara pukul 6 hingga pukul 10 menjadi waktu yang ideal untuk berbelanja, karena barang dagangan relatif masih lengkap dibandingkan setelah jam 10 yang kebanyakan pedagang sudah mulai kehabisan stok dan pasar mulai kelihatan agak lengang. Sebenarnya Pasar Gang Baru ini buka sampai sore namun hanya pedagang yang tinggal di gang ini yang masih menjajakan dagangannya, yang kebanyakan menjajakan bahan makanan serta perlengkapan upacara ritual Tionghoa. Dan pedagang lain mulai menyingkirkan lapak lapaknya.


Satu hari menjelang hari terakhir penanggalan China atau tanggal 29 bulan 12 penanggalan Imlek, terdapat satu hal yang unik tahunan di Pasar Gang Baru ini, yang mana pasar buka sehari semalam dan ramai oleh pengunjung hingga pagi hari. Sebuah tradisi yang disebut oleh masyarakat pecinan sebagai acara Ji Kao Mee (Malam tanggal 29), aneka jenis keperluan upacara untuk menyambut tahun baru Imlek dijajakan.

Wat Kwee (kue mangkok berukuran besar dan berwarna merah segar) menjadi salah satu menu wajib untuk upacara tahun baru Imlek. Kue ini hanya bisa ditemui di Pasar ini pada malam hari tanggal 29 itu saja. Selain

Wat Kwee terdapat juga kue keranjang, kue manis terbuat dari beras ketan dan gula jawa yang menjadi hidangan khas lain yang selalu tersaji pada hari – hari menjelang tahun baru Imlek.


Alamat Pasar Gang Baru :



Sumber: seputarsemarang.com

0 Response to "Pasar Gang Baru Semarang"

Posting Komentar