Pasar Sederhana Bandung


SEKIRA tahun 1967  Pemerintah Daerah (Pemda) Kotamadya Daerah Tingkat II Bandung mengadakan Operasi Sadagori untuk menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL). Salah satu yang ditertibkan adalah para PKL yang berjualan di sekitar Jalan Sukajadi yang kerap menimbulkan kemacetan di jalan tersebut.  Atas inisiatif Pemda kemudian menyediakan lahan di Kali Ciliwung  yang lokasinya tidak jauh dari Jalan Sukajadi untuk menampung PKL yang terkena penertiban. Selanjutnya para pedagang yang sudah tertampung tersebut masing-masing membuat kios dan meja darurat dengan biaya sendiri. Penampungan tersebut kini dikenal dengan Pasar Sederhana karena terletak di jalan Sederhana.

Pada tahun 1976-1977 Pemda merehabilitasi kios-kios darurat pasar tersebut dan kemudian dibangun kembali dengan biaya inpres sebesar Rp. 162.443.000. Sekira tanggal 30 November 1981 pasar tersebut mengalami kebakaran  yang menghabiskan sekira 288 tempat berjualan (kios dan meja). Namun karena tidak ada tempat penampungan para pedagang korban yang terkena musibah membangun kembali tempat berjualan atas biaya masing-masing. Selang sekira 10 tahun kemudian tempat berjualan para pedagang direnovasi kembali oleh Pemda dengan biaya APBD Tahun Anggaran 1990/1991. Pada tanggal 3 Agustus tahun  1992 Pasar Sederhana kembali mengalami kebakaran kali ini menghabiskan 282 tempat berjualan.  Dua tahun kemudian pasar tersebut kembali dibangun dengan biaya inpres sekira 250 juta rupiah. Selanjutnya tanggal 4 Juni 1999 terjadi kebakaran lagi menghabiskan 75 tempat berjualan. Kemudian tahun 2004 tepatnya tanggal 15 Oktober Pasar Sederhana kembali mengalami musibah kebakaran.


Pada Tahun 2000 masih banyak orang yang berminat  untuk berjualan  di Pasar Sederhana , bahkan memperebutkan lahan yang ada untuk disewa.  Namun pada tahun yang sama perkembangan pesat dalam pasar modern membuat pasar tradisonal terusik, seperti yang dialami oleh Pasar Sederhana. Kehadiran  pasar modern di kawasan Sukajadi Bandung mengancam kelangsungan usaha para pedagang di pasar tersebut. Walaupun demikian menurut data PD. Pasar Martabat tahun 2014  jumlah pedagang pasar sederhana yang masih aktif berjualan sekira 1310 dari 1518 toko yang tersedia. (Nugraha Ramdhani/PDR)


Alamat : 

Ps. Sederhana, Jl. Jurang, Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161

Peta :




http://info.pikiran-rakyat.com


0 Response to "Pasar Sederhana Bandung"

Posting Komentar