Pasar Tradisional Gempol Bandung


Pasar Gempol Bandung berada di kawasan Gempol yang dulu merupakan hasil penataan oleh pemerintahan  Belanda sekira tahun 1920- 1935. Kawasan ini dikenal dengan Kleinwoningbow atau bagian dari tahap pembangunan Uitbreidingsplan yang dirancang oleh arsitek perancang kota terkenal yakni Ir. Thomas Karsten. Kawasan tersebut merupakan komplek perumahan formal pertama yang dibangun di Kota Bandung dengan konsep Garden City yang berkarakteristik kuldesak. Selanjutnya sekira tahun 1925 seorang arsitek lainnya yakni Ir. J.Gerber dengan program “Kampong Verbatering” (program perbaikan kampung) merubah konsep kawasan ini menjadi rumah bangunan tropis.

Berdirinya Pasar Gempol seiring  dengan perkembangan kawasan Gempol itu sendiri. Kawasan  ini pada awalnya didominasi oleh pemukiman formal untuk pegawai atau karyawan yang bekerja di Gouvernements Bedrijiven( sekarang dikenal  Kompleks Gedung Sate) perlahan mulai dibangun fasilitas bersama yakni ruang terbuka publik sekira tahun 1925. Selain itu pada tahun yang sama mulai tumbuh deretan toko-toko etnis Cina yang kecil pada pusat kawasan tersebut. 

Pasar Gempol pada awalnya  adalah sebuah taman milik  Pemerintahan Daerah Kotamadya Daerah Tingkat II.  Sekira tahun 1953  terjadi penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Bahureksa dan Jalan Tirtayasa . Selanjutnya PKL hasil penertiban  akhirnya di tampung di taman di sekitar kawasan Gempol. Nama pasar  mengikuti  nama kawasannya yakni Gempol diambil dari salah satu nama daun yang dulu banyak tumbuh di kawasan ini. Karakteristik pasar Gempol sama dengan pasar tradisional lainnya yakni pasar eceran yang kegiataannya melayani permintaan dan penawaran barang dan jasa secara eceran. Namun yang berbeda adalah kios-kios Pasar tersebut berada didalam lorong sempit dan terdapat ditengah-tengah pemukiman. 

Sekira tahun 1960-an jumlah pedagang  yang membuka kiosnya melayani pembeli hingga mencapai sekira 46 . Jumlah tersebut berkurang seiring dengan banyaknya pasar-pasar tradisional tumbuh pada waktu itu dan sebagian pedagang pindah ke pasar tradisional lain. Kini  Pasar Gempol menurut data PD Pasar Bermartabat Kota Bandung jumlah pedagang yang ada di Pasar Gempol tidak berubah sejak pasar tersebut berdiri. (Nugraha Ramdhani/PDR)

Alamat: 
Jln. Gempol Kel. Citarum, Kecamatan Bandung Wetan
40115 Bandung Jawa Barat

0 Response to "Pasar Tradisional Gempol Bandung"

Posting Komentar